Fakta Menakjubkan dari Air

Air adalah cairan paling penting di muka Bumi. Tiga per empat bumi diselimuti air. Air paling banyak ada di samudra, laut dan sungai. Sebagian membeku di Kutub Utara dan Kutub Selatan. Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di Bumi. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, dan lautan es. Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan Bumi dalam ketiga wujudnya tersebut.

Air dan Manusia
Ada lebih banyak air di dalam tubuhmu dibandingkan unsur-unsur lainnya. Sekitar 70 persen tubuh kita merupakan air. Seperti halnya semua mahluk hidup, manusia membutuhkan air untuk tetap hidup. Manusia kehilangan air setiap saat – ketika manusia bernapas, berkeringat, atau buang air. Manusia dapat bertahan tanpa makan selama berminggu-minggu, tapi kalau tidak mendapatkan air selama tiga atau empat hari, anda bisa mati.

Suplai Air
Fakta Menakjubkan dari AirAir dari keranmu mungkin berasal dari sebuah sungai atau danau yang disebut waduk. Air tersebut dibersihkan disebuah badan pengolahan air sebelum kemudian disalurkan ke pipa-pia di rumahmu. Tidak semua orang bisa memperoleh air keran,. Di beberapa tempat, orang-orang mendapatkan air dari lubang-lubang dalam yang digali di tanah, yang disebut sumur.

TAHUKAH ANDA!
  • Air yang turun dalam bentuk hujan akhirnya akan membentuk awan hujan yang baru. Siklus yang berlangsung terus menerus ini disebut silus air. 
  • Fakta Air
  • Sekitar 55-78% tubuh kita terdiri dari air, bagian tulang mengandung 31% air sedangkan bagian paru-paru 83% terdiri dari air.
  • Rata-rata manusia bisa bertahan hidup selama 40 hari tanpa makan, tapi tak akan bertahan hidup lebih dari tujuh hari tanpa minum.
  • Air sangat vital dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia. 
  • Ada 1 dari 10 orang tidak memiliki akses terhadap air bersih. Satu anak meninggal setiap 90 detik akibat penyakit yang berhubungan dengan air dan sanitasi.
  • Rata-rata satu keluarga di Amerika menghabiskan 552 galon air untuk keperluan hidup hariannya, sementara itu satu keluarga di Afrika hanya dapat menggunakan 5 galon air setiap harinya.
  • Bumi satu-satunya planet di jagat raya yang diketahui memiliki air. Belum ada penemuan yang meyakinkan di planet manapun terdapat air.
  • Sekitar 70% air tawar digunakan untuk pertanian, 22% untuk kebutuhan industri, dan hanya 8% digunakan untuk kebutuhan domestik manusia seperti minum, mandi, dan mencuci.
  • Keperluan air untuk membuat makanan, dibutuhkan 140 liter air untuk membuat satu cangkir kopi, 3500 liter air untuk membuat 1 kg beras, dan 15.000 air untuk membuat 1 kg daging sapi.
  • Setiap tahun bumi kita kehilangan hutan sebesar negara Panama, atau setara dengan kehilangan hutan seluas 48 lapangan sepak bola setiap menit. Dan banyak daerah aliran sungai yang rusak tanpa bisa dikembalikan lagi.
  • Perubahan iklim akan mencairkan cadangan air di kutub. Setiap kenaikan suhu bumi sebesar 1°C meningkatkan 2,3 meter permukaan air laut dan menenggelamkan sebagian daratan tempat hidup manusia.
  • Pada tahun 2025, Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan ada sekitar 1,8 miliar manusia tinggal di negara yang mengalami kelangkaan air absolut dan dua per tiga populasi dunia dibawah bayang-bayang kekurangan air.

0 Response to "Fakta Menakjubkan dari Air"

Post a Comment

Misterius