7 Komposer Klasik Terpopuler

Musik para komposer klasik ini populer hingga sekarang, walaupun mereka tidak lagi hidup. Musik mereka bahkan masih sering diperdengarkan di cafe, dering ponsel, gedung opera hingga digubah menjadi versi modern. Komponis adalah orang yang menciptakan hasil karya musik. Istilah komponis mengacu kepada orang yang menulis komposisi musik instrumental maupun vocal dalam format solo, duo trio quartet qwintet dst sampai dengan orchestra dan meneruskan kepada orang lain untuk memainkannya. Sementara orang yang membuat lagu atau melodi saja disebut sebagai pengarang lagu, dan yang membuat iringan lagu disebut sebagai arangger.

  • 1.Ludwig Van Beethoven yang Kehilangan Pendengarannya
7 Komposer Klasik TerpopulerTidak ada yang membantah bawa Beethoven adalah komposer musik legendaris sepanjang masa. Ia lahir di Bonn, Jerman tapi berkarier di Vienna, Austria. Simponi gubahannya sangat terkenal. Karya paling abadi Beethoven adalah “Ninth Symphony”, di mana di dalamnya terdapat “Ode To Joy”. Jangan lupa juga dengan “Fith Symphony”, yang sering dipakai sebagai musik pembuka drama. Ia kehilangan pendengarannya pada usia 28 tahun dan meninggal pada tahun 1827

  • 2.Wolfgang Amandeus Mozart, Sang Anak Ajaib
Mozart dikenal sebagai anak ajaib. Sejak usia 6 tahun ia sudah memainkan musik bersama saudara perempuannya. Bahkan dalam usia yang semuda itu, ia sudah bermain musik keliling Eropa. Buah Karya Mozart yang terkenal antara lain “Requiem Mass”, dan opera, seperti “The Magic Flute” dan “The Marriage of Figaro”. Ia meninggal akibat penyakit tak dikenal pada 1971. Namanya hingga kini terus dikenang para pecinta musik klasik dunia dan karyanya pun terus didendangkan di banyak event.

  • 3.Johann Sebastian Bach, Kariernya Berawal di Kota Kecil
Johann Sebastian Bach lahir dan berkarier di kota kecil Jerman, namun akhirnya namanya mendunia. Pria ini terlahir dari keluarga musisi. Orang tuanya meninggal saat ia masih muda. Tapi, hal itu tak membuatnya putus asa, justru menjadikan Bach semakin semangat bermusik. Ia memutuskan untuk menciptakan musik bagi gereja, dan mulai menciptakan kantat, fugues, dan konserto. Salah satu mahakarya Bach adalah “Brandenburg Concertos”. Bach meninggal pada tahun 1750.

  • 4.Richard Wagner, Musis yang Tertarik Politik
Jerman seolah jadi gudang para komposer lagu klasik. Masih dari negeri Jerman, Richard Wagner terkenal kontroversial dengan ideologi yang dianutnya, mulai dari sosialis, fasis, hingga antisemitis. Ia memang seorang pemusik yang juga tertarik pada bidang politik. Bagaimanapun Wagenr tetap dikenal sebagai komposer musik opera dan film. Karyanya yang paling terkenal adalah “Ride of The Valkyries” yang ditampilkan di operanya, “Die Walkure”. Wagner menghembuskan napas terakhir pada tahun 1883.

  • 5.Johannes Brahms yang Pemalu
Kepribadiannya pemalu dan mudah menerima, berbeda dari kebanyakan musisi tersohor lain. Padahal pria kelahiran Hamburg, Jerman ini adalah sobat karib Bach dan Beethoven. Mereka kerap menghabiskan waktu bersama membahas berbagai hal tentang musik. Brahms telah mengubah sejumlah alunan musik dengan berbagai jenis instrumen. Termasuk klarinet. Tapi, karya paling terkenalnya tetap dihasilkannya dengan piano. Salah satu karyanya yang populer adalah “Lullaby” atau lagu pengantar tidur. Brahms meninggal pada 1897.

  • 6.Peter Ilych Tchaikovsky dan Musik Pengubah Suasana Hati
Pria asal Rusia ini paling dikenal dengan karya gubahannya yang sangat cocok untuk mengiringi tarian bablet, sebut saja “The Nutcracker” dan “Swab Lake” yang kerap dipentaskan saat liburan Natal. Tchaikovsky juga komponis sejumlah musik untuk opera, kwartet alat musik petik, dan konserto. Musik gubahannya dikenal kaya dengan melodi dan mampu membuat suasana hati berubah. Sampai sekarang, karya Tchaikovsy masih sering diperdengarkan di radio-radio dan pentas opera. Komponis ini meninggal pada 1893.

  • 7.Frederic Chopin Menggugah Emosi Terdalam
Kecintaannya pada piano sejak usia muda, membuat lelaki Perancis ini menggubah nyaris semua musiknya dengan piano. Ia pernah berpindah-pindah di sejumlah negara di Eropa, namun akhirnya kembali ke kampung halamannya. Mahakarya Chopin adalah seri “Nuctornes”. Musik karya Chopin mudah dikenal melalui melodinya yang menggugah emosi terdalam. Ia meninggal pada tahun 1849. Grup musik Gazebo sempat mengabadikan nama Chopin dalam sbeuah lagu yang berjudul “I Like Chopin”

1 Response to "7 Komposer Klasik Terpopuler"

Misterius