15 Fakta Menakjubkan Kanguru dan Marsupil Lainnya

Kanguru adalah sejenis mamalia istimewa yang disebut marsupial. Bayi mereka tumbuh di dalam kantong berbulu perut ibunya. Koala, oposum, wombat, dan wallaby adalah marsupial. Marsupial hanya ada di Australia, Papua Nugini, dan Amerika. Kanguru adalah satu-satunya hewan besar yang “berjalan” dengan melompat-lompat dan hewan jantan dewasa sering berkelahi dengan menggunakan cakar depannya seperti bertinju dan menendang dengan kaki belakangnya. Terdapat 55 spesies kanguru yang tersebar di seluruh Australia. Kanguru atau kangguru adalah hewan mamalia yang memiliki kantung (marsupialia). Hewan ini termasuk hewan khas Australia. Kata kanguru diambil dari bahasa Aborigin gangguru.

Kanguru hanya terdapat di Australia dan tercantum pada lambang negara. Kanguru adalah hewan mamalia dan makropod, termasuk keluarga marsupial yang juga mencakup walabi dan pademelon. Kanguru adalah satu-satunya hewan besar yang “berjalan” dengan melompat-lompat dan hewan jantan dewasa sering berkelahi dengan menggunakan cakar depannya seperti bertinju dan menendang dengan kaki belakangnya. Terdapat 55 spesies kanguru yang tersebar di seluruh Australia. Di Victoria, lihat mereka di Anglesea di Great Ocean Road dan di Grampian. Temukan mereka di Pulau Kanguru Australia Selatan dan Flinders Ranges. Anda dapat melihatnya dari jarak dekat di Namadgi dan Taman Nasional Kosciuszko, pegunungan Alpen Australia di Pebbly Beach, New South Wales, dan di Pulau Maria, Tasmania. (Sumber by australia.com)

Ada tiga spesies kanguru:
  • Kanguru Merah
Kanguru Merah adalah hewan marsupial terbesar yang masih hidup. Apabila berdiri tingginya dapat mencapai lebih dari 2 meter dan bobotnya mencapai 90 kg. Kanguru jenis ini biasanya bergerak dalam kelompok besar. Mereka tidur di kala siang yang hawanya paling panas. Apabila tidak ada air, mereka akan mencari kelembaban dari tumbuhan hijau. Mereka juga hanya akan berkembangbiak apabila ada hujan dan tumbuh tanaman baru.
  • Kanguru Abu-abu Timur
Kanguru Abu-abu Timur dapat ditemukan di daerah subur Australia bagian timur.
  • Kanguru Abu-abu Barat
Kanguru Abu-abu Barat dapat ditemukan di Australia bagian barat, Australia bagian selatan yang dekat dengan pantai dan basin Sungai Darling. Kanguru Abu-abu sangat banyak jumlahnya. Mereka hidup di hutan-hutan eukaliptus yang terbuka dan di daerah berumput. Mereka memakan rumput. (sumber by wikipedia)

  • Makanan Kanguru

Kangguru hayati berkelompok dengan jumlah 5 hingga 100 ekor. Mereka memakan rumput atau daun dari perdu dan pohon. Karena memakan daun dan rumput inilah, perut kangguru sudah dipastikan mempunyai lambung nan memiliki ruang nan banyak sebagai cara dalam mencerna serat selulosa nan dikandung rumput dan daun.
Kanguru ialah pelompat nan hebat. Mereka lebih baik daripada kelinci. Hal ini sebab kaki belakang kangguru sangat kuat. Jadi mereka dapat melompat kuat, panjang, dan kencang. Panjang satu lompatannya dapat mencapai 3 kali panjang tubuhnya. (sumber by binasyifa.com)

  • Kanguru Memulai Kehidupan

Katika bayi marsupial dilahirkan, ukuran mereka sangat kecil. Bayi kanguru hanya sebesar kacang dan beberapa marsupial bayinya sebesar bulir beras. Meskipun belum berkembang, mereka mempunyai kaki depan yang kuat dan juga cakar. Mereka menggunakan keduanya untuk merangkak masuk ke kantong ibunya.

  • Marsupial Australia

Kanguru merah adalah marsupial terbesar. Seperti semua kanguru dan wallaby, kanguru ini mempunyai kaki belakang yang kuat untuk melompat. Koala, wombat, posum, dan bandicoot, juga tinggal di Australia. Dalam hal ini makanan koala sangat pemilih. Mereka hanya makan dedaunan pohon kayu putih.
TAHUKAH ANDA!
  • Bayi kanguru disebut Joey, tinggal di dalam kantong ibunya hingga cukup umur untuk menjaga dirinya sendiri
  • Sekelompok kanguru disebut mob.
  • Oposum Virginia melakukan tipuan licik jika merasa terancam, dia berpura-pura mati. Istilah “playing possum” berarti berpura-pura mati.
Fakta Unik Kanguru (Kangaroo)
  1. Tergantung pada spesies, kanguru bisa tumbuh 1-8 meter tingginya dan mencapai berat 40-200 kilogram. Gray Timur adalah terberat (sekitar £ 200) dan Red Kangaroo adalah yang terbesar (9 kaki) spesies.
  2. Kanguru bisa merah, abu-abu atau kecoklatan. Mereka memiliki besar dan kuat ekor dan kaki panjang yang digunakan untuk melompat. Kaki dapat digunakan untuk mengingatkan anggota lain dari kelompok tentang situasi berbahaya (dengan sangat memukul tanah).
  3. Kanguru adalah satu-satunya binatang besar yang bergerak dengan melompat. Ini adalah cara yang efisien gerak karena mempertahankan energi. Kangaroo tidak bisa bergerak kaki belakang terpisah selama melompat.
  4. Kanguru adalah perenang yang sangat baik. Ketika mereka berenang, mereka mampu menggerakkan kaki belakang mereka secara terpisah.
  5. Kanguru adalah herbivora. Mereka makan rumput, semak, tunas dan daun pohon. Karena perut mereka mirip (anatomis) dengan perut ruminansia, mereka memuntahkan makanan mereka dan mengunyahnya beberapa kali sebelum mereka menelannya.
  6. Pria kanguru dapat melompat jarak 30 kaki dan 10 kaki tingginya. Hal ini dapat mencapai kecepatan 40 mil per jam melalui melompat.
  7. Kanguru menggunakan ekor untuk menyeimbangkan gerakan mereka selama melompat. Mereka juga dapat menggunakannya untuk berjalan, ketika mereka berjalan di keempat ekstremitas.
  8. Kangaroo menghabiskan banyak waktu di makan, karena nilai gizi yang rendah dari tanaman. Mereka mampu menyerap air dari makanan dan mereka minum air jarang.
  9. Kanguru adalah hewan yang sangat sosial. Mereka hidup dalam kelompok yang disebut massa, pasukan atau pengadilan. Kelompok dapat kecil, dengan hanya beberapa hewan, atau besar, terdiri dari ratusan hewan. Grup memiliki laki-laki mendominasi, biasanya kanguru tertua dan terkuat di grup.
  10. Kangaroo adalah hewan agresif. Mereka bertarung dalam kelompok untuk dominasi. Mereka juga dapat menyerang spesies non-kanguru dengan menggunakan kaki depan pendek dengan cakar tajam dan kaki belakang yang kuat.
  11. Jika ibu memiliki lebih dari satu bayi, ia menghasilkan berbagai jenis susu: satu untuk bayi yang lebih tua dan satu untuk joey baru lahir.
  12. Kanguru hidup 8 sampai 10 tahun di alam liar dan 20 tahun di penangkaran.
  13. Wanita yang disebut tidak, selebaran atau jills. Pria yang disebut dolar, boomer atau jack.
  14. Kanguru betina memiliki satu bayi per tahun, yang disebut joey. Kecil, bayi berbulu lahir setelah satu bulan kehamilan. Meskipun kecil sebagai sebutir nasi atau sebagai lebah madu, dapat merangkak ke kantong ibu di mana ia akan menyelesaikan perkembangannya setelah melekat pada puting yang menyediakan susu.
  15. Spesies yang berbeda menghabiskan jumlah waktu yang berbeda dalam kantong. Dibutuhkan beberapa bulan untuk bayi untuk mengembangkan cukup untuk dapat melompat keluar dari kantong dan mulai menjelajahi dunia.

0 Response to "15 Fakta Menakjubkan Kanguru dan Marsupil Lainnya"

Post a Comment

Misterius