WOW, Inilah 31 Fakta dan Kebiasaan Unik Orang Jepang

Jepang atau nippon adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. Jepang memiliki banyak kebiasaan yang unik dimana kebiasaan itu mungkin banyak dicocok dilakukan oleg orang dari negara lain, dan tidak semua kebiasaan tersebut menjadi hal yang masuk akal untuk pendatang baru. Kebudayaan Jepang tentu saja sangat berbeda dengan kebudayaan yang ada di Indonesia. Mengingat jepang dikenal sebagai salah satu negara paling sibuk di dunia, rajin dan ulet dalam bekerja. Kalau berada di jepang harus tahu kebiasaan orang jepang, supaya tidak dianggap aneh. Begitupun, bila bertamu ke rumah mereka dan kebetulan menginap, harus tahu kebiasaan-kebiasaan mereka.
  1. Memakan ayam gorenf (KFC) pada malam natal
  2. Menuangkan Sake Kepada Senioritas -  Jepang punya hirarki masyarakat yang cukup ketat, dan orang-orang yang ada di tingkatan bawah harus menghormati dan melayani tingkatan yang lebih atas. 
  3. Memberikan Coklat Kepada Rekan Kerja - jepang mempunyai kebiasaan untuk saling memberikan coklat, dimana ada 2 jenis coklat yang dapat diberikan yaitu “honki”, coklat ini khusus diberikan untuk orang yang benar-benar kalian suka atau kalian mempunyai rasa sayang terhadapnya, dan yang kedua coklat “giri” coklat yang wajib diberikan untuk semua orang terdekat kalian di unit kerja kalian.
  4. Mempertahankan bahasa lokal -Konon, kabarnya orang Jepang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang buruk, jadi mereka kerap berbicara dengan bahasa Jepang, sekalipun itu terhadap orang asing.
  5. Santun pada semua orang - misalnya Mobil tidak akan mendahului sepeda motor, sepeda motor mengalah pada pesepeda, dan pesepeda takluk pada pejalan kaki. Dimana hal itu bertolak belakang pada orang indonesia.
  6. Gemar olahraga - bahkan orang tua pun suka berolahraga
  7. Baseball merupakan olahraga populer di jepang
  8. Tidak Suka Basah - dijepang kamar mandi sudah didesain dengan konsep kering dan serba otomatis.
  9. Banyak makan tapi tetap langsung
  10. Tidak pernag memberikan tip - di jepang tidak mengenal sistem tip karena sistem ini dianggap seperti merendahkan harga diri seseorang.
  11. Memotong orang ketika berbicara dianggap lawan atau teman bicara tertarik dengan yang sedang diperbicangkan (misalnya "Eh", Souka")
  12. Berteriak di restoran merupakan hal biasa dan sopan
  13. Makan dengan bersuara di jepang dianggap sebagai suatu penghormatan kepada pembuat mie dan dianggap lumrah karena terasa lebih enak.
  14. Mabuk dan tidur ditempat umum
  15. Anak mandi bersama orang tua hingga remaja
  16. Mencuci mainanan menggunakan mesin cuci piring
  17. Orang Jepang tidak suka deodoran
  18. Memakai rok mini saat cuaca dingin
  19. Tidak menggunakan foto sendiri sebagai poto profil atau avatar di jejaring sosial
  20. Makan menggunakan sumpit kecuali makan sup
  21. Suka menggunakan kaos kaki - Kalau mau masuk rumah, mereka akan melepaskan sepatunya sedangkan kaos kaki tetap terpakai, nanti di depan pintu tersedia sendal untuk berganti ketika mau masuk rumah. Sendal itu wajib dipakai, dan jangan lepas kaos kakimu.
  22. Rumah orang Jepang kebanyakan memakai pintu geser kecuali pintu depan
  23. Orang Jepang duduk dengan cara kakinya dilipat belakang
  24. Balas Budi Atas Hadiah Yang Kalian Terima Pada Moment Tetentu
  25. Pergi ke Pesta Lain Setelah Acara Minum Minum
  26. Membawa Oleh-Oleh Untuk Semua Rekan Kerja Setelah Liburan Panjang
  27. Tamu undangan pernikahan di Jepang diharapkan membawa sejumlah uang yang cukup untuk menutupi pengeluaran acara pernikahan tersebut.
  28. Tidak suka bersalaman tapi anggukan kepala dan bungkukan badan
  29. Jepang negara punya budaya mengantri - Misalnya Di Osaka, jika sedang menggunakan eskalator, sebaiknya gunakan sisi sebelah kanan bagi yang tidak terburu-buru dan mempersilakan sisi kiri bagi mereka yang ingin bergegas. 
  30. Kalau dipoto sering menggunakan gaya jari-jari huruf "V" sambil memberikan senyum terbaiknya.
  31. Orang jepang merasa risih jika duduk bersebelahan, tapi lebih memilih duduk berhadap-hadapan.

1 Response to "WOW, Inilah 31 Fakta dan Kebiasaan Unik Orang Jepang"

Misterius