Fakta Menakjubkan Tentang BUMI

Bumi adalah planet tempat kita tinggal. Bumi berputar mengelilingi Matahari di dalam Sistem tata surya kita. Sejauh yang kita ketahui, Bumi adalah satu-satunya planet yang didiami mahluk hidup. Dua per tiga permukaan Bumi berupa air dan sepertiga adalah daratan. Bumi dikelilingi atmosfer – lapisan-lapisan udara yang mengandung oksigen.

Bumi adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya. Bumi juga merupakan planet terbesar dari empat planet kebumian Tata Surya. Bumi terkadang disebut dengan dunia atau Planet Biru. Bumi terbentuk sekitar 4,54 miliar tahun yang lalu, dan kehidupan muncul di permukaannya pada miliar tahun pertama.

Selalu Bergerak
Seperti semua planet, Bumi selalu bergerak. Bumi berputar pada porosnya (garis imajiner dari satu kutub ke kutub lainnya) di dalam garis edar yang disebut orbit, mengelilingi Matahari.

Kerak Bumi
Lapisan paling luar Bumi disebut kerak. Kerak mencakup lautan dan daratan tempat kita tinggal. Kerak bumi terbuka dari batuan keras, yang terpecah-pecah menjadi beberapa pecahan raksasa yang disebut lempengan.

Mantel Bumi
Lapisan dibawah kerak Bumi disebut Mantel. Tebal mantel sekitar 2.900 kilometer. Panas dari dalam Bumi membuat sebagian bebatuan di dalam mantel meleleh. Batuan panas dan cair itu disebut magma.
Fakta Menakjubkan Tentang BUMI

Inti Bumi
Pusat Bumi disebut Intinya. Bagian luar inti terbut dari besi cair. Bagian dalam inti merupakan besi padat. Temperatur di dalam inti Bumi sekitar 5.000 derajat celcius.

Pelat-Pelat Kontinental
Dikebanyakan tempat, kerak Bumi tebalnya kurang dari 50 ribu kilo meter.kerak ini pecah menjadi potongan-potongan besar, yang disebut lempeng kontinental. Lempeng ini mengapung di atas batu panas dan cair yang ada dibawahnya.

Pelat-Pelat Yang Bergerak.
Pelat kontinental bergerak sangat pelat – sekitar 2,5 sentimeter setiap tahunnya. Ditempat lempeng-lempeng bertabrakan, tepiannya akan menekuk dan terbentuklah pegunungan. Gempa bumi dan gunung berapi juga terjadi pada tepi-tepi di antara lempeng-lempeng.

Bagaimana Bumi dan Bulan Terbentuk?
Sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, materi di dalam sebuah awan gas raksasa menggumpal. Gumpalan-gumpalan ini menjadi Matahari dan planet-planet, termasuk Bumi.
Ketika pertama kali terbentuk, Bumi adalah sebuah bola bebatuan yang cair.
Sebelum mendingin, Bumi ditabrak oleh sebuah Meteor raksasa (batu yang melesat melintasi ruang angkasa)

SEKILAS FAKTA Ukuran-ukuran benua di BumiAfrika  : 30.319.000 km persegiAntartika : 13.209.000 km persegiAsia  : 44.387.000 km perseiAmerika Utara : 24.249.000 km persegiOceania : 8.510.000 km persegiAmerika Selatan : 17.823.000 km persegi 
TAHUKAH ANDA! Sekarang ini, daratan di Bumi terpecah menjadi tujuh benua. Jutaan tahun yang lalu tujuh benua tersebut menyatu membentuk satu benua raksasa yang disebut PPangaea.Lempeng kontinental Bumi 175 juta tahun yang lalu

0 Response to "Fakta Menakjubkan Tentang BUMI"

Post a Comment

Misterius