Fakta Menakjubkan Hutan Belantara

Hutan belantara adalah tempat dimana darata dipenuhi pepohonan. Sekitar seperlima perkukaan Bumi berupa hutan belantara. Berbagai jenis hutan terdapat di berbagai jenis iklim. HUTAN adalah habitat penting untuk hewan dan tumbuhan. Hutan juga menyediakan barang-barang untuk manusia seperti kayu, kertas, makanan, dan pewarna. Hutan belantara adalah suatu wilayah luas yang ditumbuhi pepohonan, baik kecil maupun besar. Dan juga di jadikan tempat tinggal kawanan binatang, seperti burung, serangga, harimau, dan binatang lainnya. Segala bentuk hewan yang mungkin tidak bisa kita temui di lingkungan manusia tinggal, berada di dalam hutan belantara. Semuanya kita golongkan liar, hewan liar dan pepohonan liar.

  • Hutan Tropis
Hutan tropis tumbuh di tempat di mana cuacanya panas dan basah sepanjang tahun. Hutan ini adalah tempat tinggal bagi ratusan jenis pohon, juga banyak tumbuhan lainnya.  Hampir semua pohon hijau sepanjang tahun, sehingga dapat menyediakan makanan serta tempat terlindung bagi hewan-hewan hutan tropis sepanjang tahun.
Fakta Menakjubkan Hutan Belantara

  • Hutan-Hutan Berdaun Lebar
Hutan-hutan berdaun lebar tumbuh di tempat-tempat yang sejuk pada musim dingin dan hangat pada musim panas. Sebagian besar pepohonannya deciduous, yang artinya pohon-pohon ini akan kehilangan dedaunan mereka pada musim dingin.

  • Hutan-Hutan Konifer
Hutan konifer terdapat di wilayah beriklim dingin. Pepohonanya terutama merupakan konifer (pohon yang menghasilkan runjung), seperti pinus. Hampir semua konifer tetap hijau sepanjang tahun. Bentuknya yang seperti piramid dan dedaunannya yang mirip jarum membuat salju tergelincir sehingga tidak menempel.

TAHUKAN ANDA! 
Seperti tumbuhan hijau lainnya, pepohonan hutan melepaskan oksigen ke atmosfer. Tanpa tumbuhan ini, tidak akan tersedia oksigen untuk dihirup manusia. 
Pepohonan deciduous melepaskan dedaunannya selama musim dingin ata musim kering. Dedaunan tersebut kehilangan warna hijaunya sebelum gugur dan berubah menjadi merah, kuning, dan jingga.

0 Response to "Fakta Menakjubkan Hutan Belantara"

Post a Comment

Misterius