Fakta Menakjubkan Bulan

Bulan adalah tetangga Bumi yang terdekat di alam semesta. Bulan juga satu-satunya dunia lain yang pernah dikunjungi manusia. Bulan bukan planet. Melainkan satelit alami Bumi. Satelit adalahsesuatu yang bergerak mengitari sebuah planet. Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan merupakan bulan terbesar kelima dalam Tata Surya. Bulan juga merupakan satelit alami terbesar di Tata Surya menurut ukuran planet yang diorbitnya, [e] dengan diameter 27%, kepadatan 60%, dan massa 1⁄81 (1.23%) dari Bumi.

Bulan adalah satu-satunya benda langit selain Bumi yang telah didarati oleh manusia. Program Luna Uni Soviet adalah wahana pertama yang mencapai Bulan dengan pesawat ruang angkasa nirawak pada tahun 1959; program Apollo NASA Amerika Serikat merupakan misi luar angkasa berawak satu-satunya yang telah mencapai Bulan hingga saat ini, dimulai dengan peluncuran misi berawak Apollo 8 yang mengorbit Bulan pada tahun 1968, dan diikuti oleh enam misi pendaratan berawak antara tahun 1969 dan 1972, yang pertama adalah Apollo 11. Misi ini kembali ke Bumi dengan membawa 380 kg batuan Bulan, yang digunakan untuk mengembangkan pemahaman geologi mengenai asal usul, pembentukan struktur dalam, dan sejarah geologi Bulan.

  • Lanskap Bulan
Permukaan Bulan penuh dengan dakwah. Banyak yang luasnya lebih dari 100 kilometer. Kawah-kawah itu tercipta ketika bongkahan-bongkahan batu luar angkasa raksasa, yang disebut meteorit, jatuh menimpa bulan.
Fakta Menakjubkan Bulan
  • Fase-Fase Bulan
Bulan mengelilingi Bumi, sementara Bumi mengitari Matahari. Butuh waktu satu bulan bagi Bulan untuk bergerak mengelilingi Bumi. Selama perjalanannya itu, Bulan berubah dari Bulan Purnama menjadi Bulan baru lalu Bulan Purnama lagi. Bentuk-bentuk yang terus berubah ini disebut fase-fase Bulan.
TAHUKAH ANDA!Setelah Matahari, Bulan adalah objek paling terang berikutnya di angkasa. Tapi belum tidak memancarkan cahaya sendiri. Bulan bersinar karena memantulkan cahaya Matahari.

0 Response to "Fakta Menakjubkan Bulan"

Post a Comment

Misterius