Fakta Menakjubkan Padang Pasir

Padang pasir merupakan tempat-tempat paling kering dimuka Bumi. Curah hujan ditempat ini kurang dari 250 milimeter setiap tahunnya. Kebanyakan padang pasir panas karena terletak di dekat daerah tropis. Tapi sebagian padang pasir sangat dingin karena terletak di dekat kutub. Padang Pasir adalah wilayah yang mempunyai cuaca panas yang cukup ekstrim hingga lebih dari 50 derajat celcius. Diwilayah Padang pasir umumnya hanya memiliki kadar air yang sedikit. Untuk itu, perlu penguasaan tehnik dan aklimatisasi diri yang tepat untuk bisa survive di wilayah padang pasir tersebut

Gurun dianggap memiliki kemampuan kecil untuk mendukung kehidupan. Jika dibandingkan dengan wilayah yang lebih basah hal ini mungkin benar, walaupun jika diamati secara saksama, gurun sering kali memiliki kehidupan yang biasanya tersembunyi (khususnya pada siang hari) untuk mempertahankan cairan tubuh. Kurang lebih sepertiga wilayah bumi adalah berbentuk gurun. Gurun kadang memiliki kandungan cadangan mineral berharga yang terbentuk di lingkungan kering (bahasa Inggris: 'arid') atau terpapar oleh erosi. Keringnya wilayah gurun menjadikannya tempat yang ideal untuk pengawetan benda-benda peninggalan sejarah serta fosil. Air tanah di gurun cenderung asin karena larutan garam dalam tanah tidak cenderung berpindah baik karena pencucian oleh air maupun drainase (Wikipedia)

  • Lanskap Padang Pasir
Hampir semua padang pasir merupakan daratan pasir dan batuan. Angin meniup pasir hingga membentuk bukit-bukit pasir. Bukit-bukit pasir ini berubah terus-menerus. OASE adalah sebuah tempat di padang pasir memiiki air pada permukaannya. Pepohonan palem dan tubuhan lainnya dapat tumbuh disana.

    Fakta Menakjubkan Padang Pasir
  • Kehidupan Padang Pasir
Hanya tumbuhan dan hewan tangguh yang sanggup bertahan hidup ditengah, kondisi gurun. Tumbuhan gurun sering  kali menyimpan air di dalam batang, daun atau akar mereka. Hewan gurun mungkin mencari makanan di malam hari, katika udara lebih sejuk.

Banyak orang gurun merupakan nomaden yang berarti mereka berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Mereka hidup dalam tenda dan memelihara hewan seperti kambing dan unta.

SEKILAS FAKTA!Padang pasir panas terluas : Sahara (8,4 juga km persegi)Temperatur tertinggi : 58 derajat Celcius (Libya, 1922) Musim kering terpanjang : 400 tahun (Gurun Atacama, Chilli)Bukit Pasir Tertinggi : 430 meter (Aljazair timur)Gembok adalah sejenis antelop yang memakan tumbuhan

0 Response to "Fakta Menakjubkan Padang Pasir"

Post a Comment

Misterius