Fakta Menakjubkan dari Televisi

Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Penggunaan kata "Televisi" sendiri juga dapat merujuk kepada "kotak televisi", "acara televisi", ataupun "transmisi televisi". Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia.

Televisi menyiarkan berita, acara olah raga, drama, pertunjukan-pertunjukan game, film kartun, dan iklan. Beberapa program membantumu belajar sesuatu, dan yang lain hanya untuk bersenang-senang. Hampir semua rumah tangga di negara berkembang setidaknya memiliki satu pesawat televisi. Di negara-negara yang lebih miskin, jumlah rumah yang memiliki televisi bertambah dengan pesat.

Televisi merupakan jaringan komunikasi dengan peran seperti komunikasi massa  yaitu  satu  arah, menimbulkan  keserempakan  dan  komunikan     bersifat heterogen. Televisi merupakan media massa yang berfungsi sebagai alat pendidikan, penerangan, dan hiburan. Selain itu sifat negatif TV adalah sepintas lalu, tidak terlalu dapat diterima dengan sempurna, dan menghadapi publik yang heterogen (Dominick, 2000 : 192).
Fakta Menakjubkan dari Televisi

Dari Gambar Menjadi Sinyal
Fakta Menakjubkan dari TelevisiSeperti halnya kamera biasa, sebuah kamera televisi mengumpulkan cahaya dari adegan yang bergerak. Di dalam kamera terdapat alat yang sensitif terhadap cahaya. Alat tersebut mengubah pola cahaya menjadi sinyal listrik. Kelak baru suara ditambahkan pada sinyal tersebut.

Dari Sinyal Ke Rumahmu
Sinyal televisi dikirim ke pesawat televisimu oleh gelombang radio, lewat satelit dan melalui kabel dibawah tanah. TV mu menerima sinyal dari berbagai stasiun televisi. Ada sebuah tuner untuk memiliki sinyal dari stasiun pilihan anda.

Dari Sinyal menjadi Gambar
Televisi memecah-mecah sinyal menjadi sinyal-sinyal terpisah untuk merah, hijau, dan biru. Sinyal-sinyal tersebut digunakan untuk menciptakan suara.
Fakta Menakjubkan dari Televisi

Fakta Unik Televisi
  • Penemu televisi dari Skotlandia, John Lagie Baird, memberikan demonstrasi pertama pada tahun 1926 di Soho, London. Dan sepuluh tahun kemudian, baru ada seratus set televisi di dunia. 
  • Tapi sekarang ini, sudah ada kira-kira 1 miliar set televisi di dunia, dengan negara yang memiliki jumlah set televisi terbanyak adalah Tiongkok dengan dua ratus juta set. 
  • Di Amerika itu lebih banyak televisi lho daripada telepon.
  • Kata televisi dijadikan bahasa pada tahun 1907. Dan singkatan TV baru pertama kali digunakan pada tahun 1948.
  • Siaran harian pertama yang ada di dunia dilakukan oleh saluran televisi BBC pada bulan November 1930.
  • Acara olahraga pertama yang disiarkan di televisi adalah permainan baseball anak SD di Jepang. Acara tersebut disiarkan pada bulan September 1947.
  • Dulu di Islandia itu nggak ada siaran televisi pada hari Kamis, Loopers. Tapi hal itu terjadi hanya sampai tahun 1987 aja kok.
  • Pada tahun 1987, ada kejadian nggak terduga Seorang pria membajak sebuah stasiun televisi selama episode Dr.Who. Ia memakai topeng Max Headroom dan membicarakan hal-hal yang nggak masuk akal. 
  • Ada kejadian lucu nih pada tahun 1997. Seekor monyet mencuri antena televisi di daerah Benin, Afrika. Haha.
  • Seiring perkembangannya, sekarang sudah ada yang namanya TV Plasma. Kamu tahu nggak kalo TV plasma terbesar berukuran 103 inch.
  • Iklan televisi pertama disiarkan pada 1 Juli 1941 di New York. Iklan tersebut merupakan iklan perhiasan.
  • Pada tahun 1950an dikenal sebagai “Golden Age of Television” atau “Tahun Keemasan Televisi”
  • Televisi broadcast yang paling sering ditonton di seluruh dunia adalah pertandingan sepak bola / football world cup
  • Tahun 1980-an TV dengan Remote Kontrol baru dikenal oleh publik
  • TV hanya bisa merekam dan menampilkan gambar ulang dari Kaset Video hingga tahun 1990, kemudian tahun 1990 dikenal teknologi DVD dan Blu-Ray
  • Monitor TV Awalnya menggunakan tabung sinar Katoda (CRT) dan selanjutnya tahun 2000 an digantikan dengan layar tipis menggunakan liquid crystal display (LCD) dan Plasma ( Sumber dari loop.co.id)

0 Response to "Fakta Menakjubkan dari Televisi"

Post a Comment

Misterius