Fakta Menakjubkan Bilangan

Kita menggunakan bilangan hampir dalam semua hal yangkita lakukan. Kita menghitung jumlah murid di dalam sebuah kelas, mencari nomor rumah di suatu jalan, atau menggunakan nomor halaman di dalam sebuah buku. Bilangan adalah suatu konsep matematika yang digunakan untuk pencacahan dan pengukuran. Simbol ataupun lambang yang digunakan untuk mewakili suatu bilangan disebut sebagai angka atau lambang bilangan. Dalam matematika, konsep bilangan selama bertahun-tahun lamanya telah diperluas untuk meliputi bilangan nol, bilangan negatif, bilangan rasional, bilangan irasional, dan bilangan kompleks. (dikutip dari Wikipedia)

Orang-orang zaman dulu mungkin mencatat bilangan dengan batu, atau dengan membuat tanda pada tongkat atau lempung. Beberapa waktu setelahnya barulah manusia menggunakan simbol-simbol untuk bilangan.

Bilangan Hindu – Arab
Kita menggunakan sistem Hindu – Arab untuk menulis dan menghitung bilangan. Pertama kali digunakan pada abad ke VI di India dan hanya memiliki simbol sepuluh bilangan – 0,1,2,3,4,5,6,7,8, dan 9
Fakta Menakjubkan Bilangan

Makna Yang Berubah
Kita dapat menggunakan sistem Hindu – Arab untuk menulis bilangan mana pun. Posisi setiap simbol bilangan mana pun. Posisi setiap simbol bilangan mempengaruhi maknanya. Dalam bilangan 765, misalnya angka 5 mewakili 5 satuan, angka 6 untuk 6 puluhan, dan angka 7 mewakili 7 ratusan.

Bilangan Prima
Bilangan prima adalah bilangan yang tidak dapat diperoleh dengan cara mengalikan bilangan-bilangan yang lebih kecil. Di dalam tabel ini, bilangan prima diberi warna merah. Bilangan-bilangan di dalam kotak putih dapat diperoleh dengan cara mengalikan bilangan-bilangan yang lebih kecil.

Jenis Bilangan :
  • Bilangan Bulat - Contoh: B = { ...., -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, ..... }
  • Bilangan Asli - Contoh: A = { 1, 2, 3, 4, 5, ..... }
  • Bilangan Prima - Contoh: P = { 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, ..... }
  • Bilangan Cacah - Contoh: C = { 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, ..... }
  • Bilangan Nol - Contoh: N = { 0 }
  • Bilangan Pecahan - Contoh: H = { ⅓, ⅔, ⅛, ⅝, ..... } (Keterangan tambahan: 4/2 = 2, berarti 4/2 bukan termasuk pecahan.)
  • Bilangan Rasional - Contoh: R = { ¼, ¾, .... }
  • Bilangan Irrasional - Contoh: I = { √2, √3, √5, √6, √7, ..... }
  • Bilangan Real - Contoh: R = { 0, 1, ¼, ⅔, √2, √5, ..... }

0 Response to "Fakta Menakjubkan Bilangan"

Post a Comment

Misterius