Fakta Menakjubkan Hewan Terancam Punah

Bayangkan dunia tanpa penyu, harimau, atau tukan. Banyak sekali hewan yang terancam punah di alam liar. Beberapa hewan sebelum kita pernah menemukannya. Karena manusia membutuhkan lebih banyak ruang untuk rumah, pabrik, dan pertanian, semakin sedikit ruang untuk mahluk-mahluk hidup lainnya.

  • Rumah-Rumah Hewan
Ancaman terbesar adalah ketika hewan-hewan kehilangan habitat (tempat tinggal). Manusia membuka lahan untuk dibangun, atau untuk ditanami dan untuk memelihara binatang. Mereka menebang hutan untuk mengambi kayunya. Mereka juga mengeringkan rawa-rawa dan mengosongkan padang rumput. Masalah lainnya adalah polusi. Yaitu ketika racun-racun dari perkotaan, pertanian, dan pabrik masuk ketanah atau laut.

  • Berburu dan Memancing
Hewan menjadi lanhka karena manusia memburu mereka. Sebaian manusia menembah hewan untuk olahraga. Manusia juga membunuh hewan untuk mengambil kulit atau bulu mereka. Gajah dan badak diburu demi gading dan cula mereka. Beberapa hewan yang terancam punah, termasuk gorila dan paus, dibunuh untuk diambil dagingnya. Kapal nelayan kadang-kadang menangkao ikan-ikan langka dan mahluk-mahluk laut lainnya di dalam jaring mereka. Jaring juga dapat merusak dasar laut.

  • Binatang Peliharaan
Binatang liar juga ditangkap untuk dijual sebagai binatang peliharaan. Ada orang-orang bersedia membayar mahal untuk dapat memiliki ular, burung, monyet atau kucing liar yang langka. Yang lain mengoleksi kupu-kupu, kembang, atau telur burung mengoleksi hewan-hewan langka melanggar hukum, tetapi masih juga terjadi karena sulit untuk menangkap orang-orang yang terlibat.

  • Hewan-Hewan Lain
Kadang-kadang, manusia membawa hewan baru ke suatu daerah dan hal ini menimbulkan masalah terhadap hewan-hewan yang sudah lebih dulu hidup disana. Hewan-hewan baru mungkin akan memburu mereka, menghabiska makanan mereka, atau membawa penyakit. Sekarang hal ini bukan lagi masalah, karena tinggal sedikit lahan yang harus ditemukan.

  • Melestarikan Hewan-Hewan
Pemerintah telah mengeluarkan undang-undang untuk menghentikan pembunuhan hewan dan mereka telah mendirikan suaka-suaka dan taman nasional. Banyak orang peduli terhadapa kehidupan alam liar dan berjuang untuk melindunginya. Kelompok-kelompok seperti WWF (dulu dikenal sebagai World Wildlife Fund), Frinds on Earth, dan Greenpeace bekerja untuk melindungi hewan-hewan langka dan habitat mereka. Kebun-kebun binatang juga bekerja keras untuk membantu hewan langka. Kadang-kadang, hewan yang dilahirkan di kebun binatang dapat dikembalikan ke alam liar.

  • Mati Seperti Dodo
Dodo adalah burung besar yang tinggal di Pulau Mauritius di Samudra Hindia. Dodo tidak dapat terbang dan membuat sarangnya di tanah. Pada tahun 1500 an, pendatang dari Belanda membawa anjing, babi, dan tikus ke Pulau Mauritus. Hewan-hewan ini membunuh burung Dodo dan mencuri telur mereka. Pada tahun 1700 burung Dodo punah

TAHULAH ANDA!
  • Setiap menit manusia menebang atau membakar sebidang area di hutan tropis yang luasnya 20 lapangan bola. 
  • Spix’s macaw telah punah tapi kebun-kebun binatang mengembangkan burung ini.
  • WWF adalah kelompok yang berjuang melindungi binatang. Simbol mereka adalah panda, binatang asal Cina yang terancam punah. 

0 Response to "Fakta Menakjubkan Hewan Terancam Punah"

Post a Comment

Misterius