Jembatan adalah struktur yang memungkinkan manysia atau kendaraan untuk menyeberangi, lembah, jalan raya, atau rel kereta apa. Beberapa jembatan membentang sangat panjang. Seperti halnya jembatan, terowongan membantu manusia untuk menghindari rintangan. Bukannya terbentang di atas rintangan tersebut, terowongan dibangun dibawah rintangan.
Jembatan merupakan struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api ataupun jalan raya. Jembatan dibangun untuk penyeberangan pejalan kaki, kendaraan atau kereta api di atas halangan.Jembatan juga merupakan bagian dari infrastruktur transportasi darat yang sangat vital dalam aliran perjalanan (traffic flows). Jembatan sering menjadi komponen kritis dari suatu ruas jalan, karena sebagai penentu beban maksimum kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut. (wikipedia)
Terowongan adalah sebuah tembusan di bawah permukaan tanah atau gunung. Terowongan umumnya tertutup di seluruh sisi kecuali di kedua ujungnya yang terbuka pada lingkungan luar. Terowongan biasa digunakan untuk lalu lintas kendaraan (umumnya mobil atau kereta api) maupun para pejalan kaki atau pengendara sepeda. Selain itu, ada pula terowongan yang berfungsi mengalirkan air untuk mengurangi banjir atau untuk dikonsumsi, terowongan untuk saluran pembuangan, pembangkit listrik, dan terowongan yang menyalurkan kabel telekomunikasi. Ada juga terowongan yang berfungsi sebagai jalan bagi hewan, umumnya hewan langka, yang habitatnya dilintasi jalan raya. Beberapa terowongan rahasia juga telah dibuat sebagai metode bagi jalan masuk ke atau keluar dari suatu tempat yang aman atau berbahaya, seperti terowongan di Jalur Gaza, dan Terowongan Cu Chi di Vietnam yang dibangun dan dipergunakan ketika perang Vietnam. (Sumber by Wikipedia)
- Jembatan Balok
Batang pohon yang terbentang diatas aliran sungai adalah bentuk jembatan yang paling sederhana. Batang (balok) tersebut dberi penopang pada setiap ujungnya. Jembatan clapper memiliki dua atau lebih balok yang diletakkan diatas penopang-penopang yang disebut tiang.
Jembatan penyangga memiliki penampang-penampang seperti halnya jempatan clapper, namun penampang-penampang tersebut ditopang pada setiap bagian tengahnya dan bukannya pada setiap ujung.
Menggunakan Kabel
Pada jembatan suspensi, geladaknya terikat pada kabel-kabel baja, yang terbentang diantara menara-menara. Jembatan-jembatan kabel penahan hampir serupa, hanya saja kabelnya tergantung langsung dari menara-menara.
Menggali Dalam-Dalam
Terowongan membutuhkan penopang biasanya terbuat dari baja atau beton, untuk mejaga terowongan tersebut agar tidak roboh. Terowongan-terowongan jauh di dalam tanah digali dengan menggunakan mesin pemotong, tapi batu-batuan yang sangat keras harus dihancurkan dengan peledak.
SEKILAS FAKTA
Jembatan Terpanjang : Pontchartrain Causeway, Louisiana, Amerika (38, 4 kilometer)
Terowongan Terpanjang : New York City West Delaware Water – Supply tunnel (169 kilometer)
Jembatan Suspensi Terpanjang : Akashi – Koikyo Bridge, Jepang (rentang utamanya 1991 meter)
0 Response to "Fakta Menakjubkan dari Jembatan dan Terowongan"
Post a Comment